Tulisan Avissena

Beranda » Gagasan » Karang Taruna Untuk Bangsa

Karang Taruna Untuk Bangsa

Karang Taruna untuk Karakter Pemuda Bangsa

karang taruna

Masa muda adalah di mana tingkat emosi yang semakin membara. Rasa ingin tahu yang tinggi membuat remaja berperilaku sesuai apa yang dikehendakinya,  namun begitu, tampuk kepemimpinan suatu bangsa pada masa depan adalah terletak pada tangan-tangan dan pundak-pundak para pemuda saat ini. Ketika para pemuda sekarang telah tersiapkan dengan baik pada masa kini maka bisa dengan mudah dapat disimpulkan bahwa bangsa itu akan mengalami kejayaan pada masa depan.

Pemuda saat ini

Unsur kepemudaan banyak dipengaruhi oleh kondisi lingkungan yang ada. Perkembangan pola pikir pemuda berkembang melalui masyarakat di sekitarnya. Sebagai contoh pada supporter sepakbola di Indonesia terkenal dengan fanatisme yang cukup tinggi. Pemuda  banyak memberikan peranan di dalam menciptakan fanatisme dan anarkisme antardaerah yang berasal dari sepakbola.

Belakangan ini juga santer terdengar budaya anarkisme pemuda atau mahasiswa. Banyak juga yang mengatakan bahwa pemuda sekarang cenderung lebih suka bermain dan hura-hura sehingga melupakan kondisi lingkungan sekitarnya. Pemuda cenderung apatis, tidak peduli dan mau menang sendiri.

Di sinilah jebakan dan jurang kehancuran bagi anak-anak yang memasuki masa remaja mulai mencari  segala keingintahuannya, merokok, pornografi, miras, narkoba, tawuran adalah hal yang sangat “keren” di kalangan remaja. Bukan hal baru jika kebobrokan moral  generasi muda sekarang semakin menjadi-jadi meskipun berpendidikan. Kenapa demikian karena di era globalisasi di mana akses global tanpa batas informasi berjalan tanpa ada filter dan batasan yang sangat signifikan, itu seakan menambah ancaman baru bagi generasi muda yang tak memiliki pemahaman akan pengetahuan etika, moral dan Imtaq yang cukup.

Penyebab utama

Seperti yang sudah dijelaskan secara tersirat pada paragraf sebelumnya, bahwa pemuda sangat erat dipengaruhi oleh lingkungannya. Ketika lingkungan itu baik maka pemuda tersebut akanmenjadi baik begitupun sebaliknya, ketika lingkungan yang ditinggalinya buruk,maka akan lebih besar kemungkinan pemuda tersebut buruk karakter sifatnya.

Pemuda butuh lingkungan yang kondusif – Karang Taruna

Melihat latar belakang sepertiitu, sudah saatnya kita menggalakkan kembali organisasi kepemudaan yang sudahlama digagas oleh para pendahulu kita dengan tujuan untuk mengarahkan generasimuda kita agar memiliki kepekaan sosial yang tinggi, senantiasa produktif danberkarya, bermental kontribusi, dan memberikan manfaat kepada lingkungannya.Sehingga tujuan dari diadakannya organisasi ini adalah untuk menciptakanlingkungan-lingkungan kecil sesuai dengan wilayah masing-masing.

Karang taruna adalah organisasikepemudaan Indonesia yang terbentuk sejak tahun 1960. Banyak kegiatanpemberdayaan masyarakat desa yang digawangi pemuda diadakan di dalam KarangTaruna. Contohnya seperti agenda kerja bakti bersih desa, agenda membantu salahsatu warga desa yang sedang membutuhkan, pemberdayaan Usaha Kecil Menengah(UKM) dalam setiap RT di desa tersebut, mengadakan pesta rakyat dan kegiatanolahraga masyarakat serta kegiatan-kegiatan yang produktif dan bermanfaatlainnya.

Karang Taruna hari ini dankedepan juga haruslah merupakan Karang Taruna yang transformatif, yang dapatsenantiasa dapat beradaptasi menghadapi tuntutan-tuntutan zaman dan tidakterkungkung dengan konsep-konsep format langkah gerak Karang Taruna masalampau. Karang Taruna masa lalu mungkin hanya bekerja saat bersih-bersih rumahwarga setelah terkena banjir, namun Karang Taruna sekarang bergerak denganmengusahakan daerahnya tersebut agar tidak sampai terkena banjir

Indonesia juga termasuk negarayang memiliki penduduk terbanyak di dunia. Karena merupakan negara denganpenduduk terbanyak, mustahil rasanya jika kita hanya mengandalkan pemerintahyang programnya juga telah amat banyak, untuk “tampil sendirian” mengatasiberbagai permasalahan-permasalahan sosial yang begitu pelik dalam bangsa iniseperti kemiskinan, keterbelakangan pendidikan, kesenjangan sosial,kesejahteraan masyarakat dan berbagai permasalahan lain yang seolah tak kunjungmenemukan titik terang penyelesaian.

Bangsa ini adalah bangsa yangbesar, kita tidak bisa sendirian dalam memecahkan berbagai permasalahan yangtelah amat pelik bangsa ini. Semua elemen bangsa baik itu dari kalanganpemerintah , perusahaan, LSM dan masyarakat terutama pemuda dan Karang Tarunaharus saling bersatu dan bersinergi memecahkan masalah bersama.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Agustus 2013
S S R K J S M
« Jan   Sep »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
Follow Tulisan Avissena on WordPress.com
%d blogger menyukai ini: