Tulisan Avissena

Beranda » Opini » Refleksi Singkat Hari Anti Korupsi 2013

Refleksi Singkat Hari Anti Korupsi 2013

Sebuah tindakan yang selalu menjadi momok bagi tiap negara, mengganggu stabilitas pemerintahan, mempengaruhi kepercayaan publik dan menjadikan negara itu tak kunjung maju, itulah korupsi.

Negeri Indonesia yang merupakan negara gemah ripah loh jinawi subur dan makmur telah kehilangan martabatnya diakibatkan perilaku korup para oknum pejabat dari berbagai instansi dan lembaga, baik pemerintah maupun swasta, baik perdagangan maupun jasa sehingga tidak salah apa yang dikatakan oleh Lord Acton bahwasanya “power tends to corrupt, absolute power corrupt absolutely”, yakni kekuasaan itu identik dengan korupsi dan dengan kekuasaan yang mutlak, seseorang akan cenderung untuk menyalah-gunakan kekuasaannya.

Dalam perkembangannya, korupsi sendiri telah mengalami perluasan makna. Sedangkan pengertian korupsi dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia (W.J.S. Poerwadarminta) adalah sebagai perbuatan curang, dapat disuap, dan tidk bermoral. adapun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, korupsi adalah penyelewengan atau penggelapan uang negara atau perusahaan dan sebagainya untuk kepentingan pribadi maupun orang lain. Sedangkan di dunia internasional pengertian korupsi berdasarkan Black Law Dictionary yang mempunyai arti bahwa suatu perbuatan yang dilakukan dengan sebuah maksud untuk mendapatkan beberapa keuntungan yang bertentangan dengan tugas resmi dan kebenaran-kebenaran lainnya.

Adapun berbagai bentuk lain dari tindakan korupsi adalah tidak mengatakan atau menuliskan suatu hal yang sebenarnya, contohnya antara lain titip absen di kelas atau membuat laporan keuangan palsu, selain itu bida juga berbentuk penyelewengan dana dan penyalahgunaan wewenang.

Hari Anti  Korupsi yang jatuh pada 9 Desember ini diharapkan dapat menjadi momentum bersama KM ITS untuk secara konsisten menolak dan memerangi korupsi pada setiap lini masing-masing. Mulai menggalakkan anti titip absen, tertib berlalu lintas dan belajar untuk jujur mengatakan yang sebenarnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Desember 2013
S S R K J S M
« Nov   Jan »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
Follow Tulisan Avissena on WordPress.com
%d blogger menyukai ini: