Tulisan Avissena

Beranda » Gagasan » Menjadi Entrepreneur Pinter

Menjadi Entrepreneur Pinter

Tweet @avicciena

Anda Pengunjung ke...

  • 9,447

Gambar

Mungkin banyak orang yang berpikir akan sangat susah menjadi seorang entrepreneur atau berbisnis sambil menempuh pendidikan sekolah maupun kuliah. Hal ini dikarenakan waktu yang terbatas untuk menjalankan kedua aktivitas tersebut secara bersamaan. Khawatir jika berbisnis maka kuliah atau sekolahnya akan tidak terurus atau sebaliknya dalam menempuh kuliah yang ketinggalan sehingga nilai dikhawatirkan jadi menurun, jeblok dan semacamnya.

Ada juga mitos kedua yaitu saat memperoleh penghasilan itu adalah saat kita selesai menempuh kuliah, sekarang saat kuliah jangan mencari penghasilan dulu, lebih baik fokus kuliah agar bisa mendapatkan nilai IPK yang bagus sehingga bisa memperoleh pekerjaan yang layak dan berpenghasilan besar.

Berbagai mitos yang seringkali telah menjadi pendapat orang kebanyakan tersebut dapat terpecahkan setelah kita membaca buku hasil karya seorang Arry Rahmawan, seorang alumnus Fakultas Teknik Universitas Indonesia angkatan 2009.

Dengan mengambil tagline utama sebagai guidebook, buku ini telah benar-benar menjadi guide yang cukup membantu bagi pembacanya untuk menjalankan bisnis. Selain menceritakan berbagai contoh bisnis milik teman-temannya dasn telah berhasil, dalam buku ini juga terdapat form passion, form list ide, list masalah, form jaringan, contoh pohon ide dan beberapa contoh perhitungan cashflow disertai perhitungan kas untung rugi.

Berangkat dari passion, itulah yang disampaikan Arry Rahmawan pada awal buku ini. bahwasanya untuk menjadi seorang studentpreneur sangat membutuhkan passion atau minat yang begitu besar terhadapnya. Passion bisa tumbuh tidak dengan dibiarkan, namun harus dibangun dan dibangun.

Beberapa tips yang disampaikan untukmeningkatkan passion menjadi studentpreneur dapat dilakukan melalui pembersihan mindset terhadap setiap—Arry menyebutnya sebagai—mental blocks yakni pemikiran-pemikiran yang menghalangi diri kita untuk dapat berkembang lebih dalam  menjadi entrepreneur. Mental block ini antara lain mitos-mitos yang saya sebutkan pada paragraf pertama dan kedua diatas.

Di sela-sela materi yang dituliskan dalam buku ini, Arry juga menyampaikan kesuksesan orang lain yang menginspirasi dirinya. Dia tidak malu-malu untuk menyampaikan ucapan terima kasih atau sekadar menyampaikan pujian kepada orang-orang yang menjadi inspirator dirinya tersebut. Penyampaian kesuksesan orang lain tersebut tidak lain juga untuk memberikan contoh yang mudah dipahami untuk pembaca buku ini dalam rangka menjalankan bisnisnya.

Gaya bahasa yang digunakan begitu akrab dan santai namun mengena menjadikan buku ini dapat dengan mudah dipraktikkan oleh khalayak pembaca. Pembaca akan dituntun step by step dengan langkah-langkah yang dijelaskan secara detail bagaimana membangun bisnis mulai dari ide, penjabaran konsep, membuat produk, membuat branding dan tagline sampai dengan strategi pemasarannya.

Pada akhir buku ini dibahas seputar strategi manajemen dan pengendalian masalah, meliputi bagaimana mengendalikan bisnis dikala krisis melalui berbagai strategi seperti eksplorasi inovasi, penurunan harga sampai dengan blue ocean strategy juga dibahas untuk lebih memahamkan pembaca. Selain itu juga dibahas bagaimana strategi kala memiliki hutang yang melilit.

Entah mengapa setelah membaca buku ini saya juga merasa ingin menjadi seorang entrepreneur, begitupun saya merasa orang lain juga akan seperti itu.

Sebagai penutup, buku ini direkomendasikan untuk dibaca!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Februari 2014
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
2425262728  
Follow Tulisan Avissena on WordPress.com
%d blogger menyukai ini: