Tulisan Avissena

Beranda » Gagasan » Mahasiswa; INDEPENDEN atau NETRAL?

Mahasiswa; INDEPENDEN atau NETRAL?

Tweet @avicciena

Anda Pengunjung ke...

  • 9,046

intelektual menurut para positivis tidak masuk ke ranah praktis, dia hanya berpikir tentang dunia, namun tidak bisa mengubah dunia. namun menurut Bung Hatta, intelektual memiliki tanggung jawab untuk menunjukkan kebenaran, memberitahu kepada khalayak apa yang benar dan mencerahkan dan berpartisipasi melakukan perbaikan
Mahasiswa adalah kaum intelektual, siapa yang lebih menyukai gagasan yang dicetuskan Bung Hatta pasti berpikir bahwa mahasiswa juga harus turut mengambil peran perbaikan. disinilah persoalan itu bermula, penilaian mahasiswa yang ingin melakukan perbaikan bisa dinilai tidak netral, tidak independen atau apalah itu.
Independensi mahasiwa memang menjadi perdebatan cukup lama, mahasiswa datang membawa kejernihan. mahasiswa adalah intelektual, intelektual dengan pembawaannya yang khas sebagai kaum terpelajar yang memiliki kelas sosial sendiri
Berikut saya paparkan perbedaan netral dan independen, Netral dan independen itu berbeda. netral itu tidak bersikap, independen itu bersikap, namun dengan cara yg berbeda.
Misal, anda mahasiswa, anda berpikir dengan kejernihan, murni, dari rasionalitas akal pikiran anda, tidak karena fasilitas, jabatan atau apapun itu yang diberikan dari salah seorang tokoh politik tertentu, Anda cenderung kepada tokoh politik itu karena ide, sosok atau gagasannya yang dibawa. maka anda adalah mahasiswa yang INDEPENDEN.
Namun jika anda mahasiswa, anda cenderung ke salah satu tokoh politik tertentu karena Anda diberikan fasilitas, jabatan, atau lain lain, maka inilah yg dimaksud dengan TIDAK INDEPENDEN.
Lalu netral, jelas saya sampaikan diwal bahwa netral adalah tidak bersikap, tidak berkubu kepada salah satu tokoh politik tertentu.
Jadi jelas ya definisinya, Semoga Anda yang mahasiswa tidak terjebak dalam idealisme semu yang menjadikan Anda takut bersikap dan takut bebas berpikir.
Hidup Mahasiswa!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Juli 2014
S S R K J S M
« Jun   Nov »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
Follow Tulisan Avissena on WordPress.com
%d blogger menyukai ini: